in Javascript

Menggunakan JavaScript Closure

menggunakan javascript closure

menggunakan javascript closure

JavaScript closure merupakan fitur yang mempunyai kemampuan luar biasa di JavaScript. Biasanya digunakan pada pemrograman fungsional. Berikut penjelasan mengenai closure dan bagaimana cara menggunakan javascript closure.

Apa itu javascript closure?

Sekilas, closure merupakan fungsi yang didefinisikan di dalam fungsi lain. Fungsi yang berada di dalam closure dapat mengakses variabel yang ada di luarnya. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah contoh closure.

Contoh penggunaan closure

Dari contoh di atas, di dalam fungsi greeting terdapat fungsi sayHalo. Fungsi sayHalo dapat mengakses variabel name yang berada di luar fungsi sayHalo. Lalu bagaimana jika variabel name saya pindahkan ke posisi di bawah fungsi sayHalo? Apakah tetap bisa berjalan dengan baik?

Hasilnya, fungsi masih tetap bisa berjalan dengan baik.

Selain dapat membaca variabel yang berada di luar fungsi, closure juga dapat digunakan untuk mengubah nilai dari variabel. Berikut adalah contoh kode :

Kode di atas memiliki output seperti berikut:

menggunakan javascript closure

menggunakan javascript closure

Selain dua hal di atas, closure juga dapat kita gunakan untuk membuat reusable function. Berikut adalah contoh kode :

closure pada javascript

closure pada javascript

Dilihat dari hasil tersebut, kita dapat menggunakan closure untuk membuat reusable function. Dengan begitu kita dapat mengurangi pembuatan fungsi dengan proses dan tujuan yang sama.

Sebenarnya masih banyak lagi yang dapat kita lakukan dengan closure. Mungkin akan saya lanjutkan di artikel selanjutnya.

Terima kasih sudah membaca, jika artikel ini bermanfaat jangan lupa bagikan.

Write a Comment

Comment