Analisis Sentimen

Analisis sentimen

Jumlah konten yang dibuat oleh pengguna internet di dunia berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir.  Bahkan, hampir semua pengguna internet dapat mengirim konten melalui beberapa situs jejaring sosial yang ada seperti Facebook, Twitter, Instagram, Foursquare dan situs lainnya.

Dengan banyaknya konten atau informasi, kita dapat dengan mudah mencari informasi tertentu dengan internet misalnya saja mencari informasi tentang review produk sebelum membelinya, informasi calon presiden sebelum memilihnya, review tempat wisata atau tempat kuliner dan informasi lainnya. Banyak informasi yang di dapatkan dari konten website bersifat pendapat atau opini. Maka munculah cabang ilmu yang disebut dengan analisis sentimen.

Analisis sentimen merupakan proses komputasi yang digunakan untuk menyimpulkan sifat sentimen dari sebuah data teks atau dokumen dengan menggunakan tool dan teknik yang telah ditentukan. Analisis sentimen dapat dilakukan dengan banyak tool dengan berbagai cara. Dalam tutotial ini tidak semua tool dan teknik akan dijelaskan.

Tujuan dan manfaat analisis sentimen

Tujuan dan manfaat utama dari analisis sentimen adalah untuk mendapatkan nilai sentimen (positif, negatif dan netral) dari sebuah teks atau dokumen. Sedangkan untuk manfaat dari analisis sentimen tergantung pada implementasinya.

Tahapan umum proses analisis sentimen

Berikut ini adalah tahapan umum yang dilakukan pada proses analisis sentimen :

  1. Pengumpulan data
  2. Preprocessing
    • Casefolding
    • Filtering
    • Stopword removal
    • Stemming
  3. Proses analisis sentimen

Implementasi analisis sentimen

  1. Analisis sentimen teks berbahasa Indonesia dengan metode lexicon based
  2. Analisis sentimen Twitter berbahasa Indonesia dengan metode lexicon based
  3. Analisis sentimen tips pada Foursquare mengenai tempat makan dengan metode lexicon based